Minggu, 10 April 2016

Soft Diplomacy Japan (Nippon)

 Hi, guys tahukah kalian kenapa di dunia ini negara seperti Amerika Serikat sangat kuat powernya di antaranya negara lainnya? Yang saya maksud power disini bukanlah kekuatan murni otot saja lhoo . . . melainkan power dalam hal lain seperti pengaruh, budaya negara, pendapat serta kontrol akan negara lain. Nah disini saya akan membahas apa itu power?
POOWEEEERRR
It's theee Poweeerrrrr !!

Power is the rate of doing work. It is the amount of energy consumed pe unit time. Yang bisa juga di artikan bisa menjadi hasil dari kekuatan dan kecepetan. Dalam arti politik power sendiri bisa berupa Kekuasaan.

Nah.. tadi saya memberi contoh tentang Amerika tapi yang saya bahas bukan mengenai negara super power tersebut melainkan negara ini berasal dari asia.

Yupz negara tersebut adalah Jepang. Tidak kalah dengan Amerika dalam hal power, dominasi Jepang di dunia mulai menyebar ke berbagai dunia di era sekarang ini.
 
JEPANG (bahasa Jepang : 日本 Nippon atau Nihon; nama resmi: 日本国Nipponkoku atau Nihonkoku, nama harfiah: "Negara Jepang") adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Tiongkok Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

Jepang merupakan salah satu negara di Asia Timur. Jepang terdiri dari 6.852 pulau yang membuatnya merupakan suatu kepulauan. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung, dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. Gunung tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji yang merupakan sebuah gunung berapi. Penduduk Jepang berjumlah 128 juta orang, dan berada di peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak di dunia. Tokyo secara de facto adalah ibu kota Jepang, dan berkedudukan sebagai sebuah prefektur. Tokyo Raya adalah sebutan untuk Tokyo dan beberapa kota yang berada di prefektur sekelilingnya. Sebagai daerah metropolitan terluas di dunia, Tokyo Raya berpenduduk lebih dari 30 juta orang.
 
Sebagai negara maju di bidang ekonomi, Jepang memiliki produk domestik bruto terbesar nomor dua setelah Amerika Serikat, dan masuk dalam urutan tiga besar dalam keseimbangan kemampuan berbelanja. Jepang adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, G8, OECD, dan APEC. Jepang memiliki kekuatan militer yang memadai lengkap dengan sistem pertahanan moderen seperti AEGIS serta skuat armada besar kapal perusak. Dalam perdagangan luar negeri, Jepang berada di peringkat ke-4 negara pengekspor terbesar dan peringkat ke-6 negara pengimpor terbesar di dunia. Sebagai negara maju, penduduk Jepang memiliki standar hidup yang tinggi (peringkat ke-8 dalam Indeks Pembangunan Manusia) dan angka harapan hidup tertinggi di dunia menurut perkiraan PBB. Dalam bidang teknologi, Jepang adalah negara maju di bidang telekomunikasi, permesinan, dan robotika.

Itu adalah beberapa singkat cerita tentang negara Jepang itu bagaimana? Nah sekarang kalian tau tidak? Bahwa diplomasi itu ada 2 macam yaitu Hard Diplomacy dan Soft Diplomacy. Sekarang aku disini akan menjelaskan tentang Soft Diplomacy di negara Jepang. Karena power dari Soft Diplomacy Jepang lebih menyebar daripada Hard Diplomacy nya. 


Daerah jajahan negara yang dijuluki matahari terbit ini mencapai wilayah asia. Tidak ketinggalan, Indonesia pun menjadi negara jajahan Jepang selama 3,5 tahun mulai dari tahun 1942 hingga 1945.

Selain Indonesia, kekuasaan Jepang telah berhasil menaklukkan negara-negara seperti, Cina, Taiwan, New Guinea (Papua Nugini), Korea, Burma dan beberapa wilayah seperti Sakhalin, Manchuria, serta Kepulauan Salomon.

Jepang dan Thailand termasuk negara di Asia yang tidak pernah dijajah. Saat itu, Jepang ikut ambil bagian dalam perang dunia baik yang pertama maupun kedua. Jadi, negara ini memang sangat berkuasa dan punya kekuatan yang tidak kalah hebatnya dengan negara-negara Eropa.

Dasar mengapa Jepang menjajah negara lain karena di negara mereka sumber daya alam sedikit dan tidak mencukupi. Namun karena perjuangan keras dan dedikasi tinggi rakyat Jepang untuk memajukan ekonominya mereka saat ini menjadi salah satu negara super power.



Soft power bersumber dari nilai-nilai dan kebudayaan yang ada di negara itu sendiri dan, sebagai bentuk penyalurannya, soft power disampaikan melalui diplomasi publik, atau dikenal sebagai soft diplomacy. Diplomasi publik bentuk ini merupakan alat yang digunakan pemerintah untuk memobilisasi sumber-sumber soft power tersebut yang lebih ditujukan untuk menarik perhatian masyarakat umum suatu negara daripada pemerintah negaranya.



Jepang dikenal sebagai negara yang sangat menjaga budaya dan kulture mereka. Bahkan mereka juga mengembangkan budayanya dan menyebarkannya ke seluruh dunia dan menarik perhatian orang-orang.
Budaya populer Jepang yang sangat dikenal hingga saat ini antara lain Manga (komik), anime (animasi), game, J-Music dan dorama (drama Jepang).
Raymond Williams memberikan tiga defines terhadap kata “budaya”. Pertama, budaya dapat digunakan untuk mengacu kepada “suatu proses umum perkembangan spiritual, intelektual, dan estesis
Kedua, budaya bisa berarti “pandangan hidup tertentu dari suatu masyarakat dari suatu kelompok tertentu dan dalam periode tertentu”.
Ketiga, budaya bisa merujuk pada “karya-karya dan praktik intelektual, terutama aktivitas artistik”.
Manga () merupakan komik yang di buat di Jepang, kata tersebut khusus di sebutkan bagi penggemar komik jepang. Orang yang membuat Manga di sebut Mangaka (漫画). Manga dapat di baca oleh berbagai macam usia, dan Manga memiliki banyak genre seperti (Action, Adventure, Harem, Fantasy, Sci-Fi, Tragedy dll) yang dapat membuatnya mudah di sukai banyak orang dengan berbagai selera. Selain Manga yang saat ini sedang populer di kalangan pembaca adalah Light Novel, Web Novel dan Visual Novel.

Light Novel (LN) seperti namanya adalah Novel ringan, cerita yang di sampaikan melalui tulisan tek yang kadang di sisipi gambar illustrasi seperti di dalam komik. Biasanya Light Novel di buat kedalam bentuk Anime dan Manga jika mengalami kepopuleran di antara pembaca.


Web Novel (WN) mirip dengan Light Novel namun dengan tek tulisan yang lebih sedikit dan terkadang tanpa illustrasi. Lalu jalan ceritanya berbeda antara LN dan WN walaupun memiliki judul yang sama.

Visual Novel (VN) merupakan cerita yang disajikan dalam bentuk visual seperti pada gambar diatas. Gambar yang disajikan bergaya anime dengan teks apa yang karakter tersebut bicarakan dibawahnya. Biasanya, dalam beberapa kesempatan kita disuruh memilih apa yang harus kita lakukan selanjutnya sebagai penentu ending dari VN tersebut.
Anime (アニ) adalah animasi buatan Jepang yang menampilkan karakter pemain, memiliki cerita, mempunyai grafik bentuk dan warna. Kata anime tampil dalam bentuk tulisan dalam tiga karakter Katakana a, ni, me yang merupakan Bahasa serapan dari Bahasa Inggris “animation” dan diucapkan sebagai anime-shon.

Karena Anime dan Manga yang populer itu juga berdampak dengan musik-musik yang menjadi Ost. Dari Anime tertentu lagu-lagu mereka juga menjadi populer dan itu menambah pengetahuan semua orang untuk lebih mengetahui tentang kultur Jepang.




Salah satu Band Jepang saat ini sedang populer adalah BabyMetal. Band yang baru terbentuk 2 tahun lalu ini saat ini sedang melakukan World Tour di berbagai Negara. Ini juga membuktikan bahwa saat ini penggemar budaya Jepang sangat banyak di berbagai dunia. ini adalah bukti Soft Diplomacy negara Jepang.


Fenomena hegemoni budaya Jepang melalui anime, manga dll ini jangan sampai membuat kita terlena dan lupa akan identitas kita sebagai orang Indonesia, karena saat ini tidak sedikit anak-anak muda yang lebih tertarik untuk mengikuti budaya luar dan lupa mempelajari budayanya sendiri.


Tidak banyak anak muda yang mau peduli untuk melestarikan budaya dan bahasa daerahnya sendiri, lebih memilih untuk larut dalam japanisasi maupun westernisasi agar terlihat keren. (That’s it!!)

That’s include me of course !! :D :D saya sendiri menjadi bukti keberhasilan teknik diplomasi Negara Matahari tersebut LoL  Tapi taulah kita semua harus bisa menahan diri dan menjadi warga negara yang baik. Jangan terlalu over dan istilahnya menyembah terhadap budaya luar terlalu jauh karena itu juga berdampak buruk bagi budaya negara ini.


Referensi : 




https://prezi.com/lmsywk2bj-8s/manga-dan-anime-sebagai-soft-power-jepang/






2 komentar:

  1. Cintai budaya yang ada di negaramu dan tetap lestarikan budaya kita. Barulah kita mulai mempelajari budaya lain. Nice info,update terus ya.

    BalasHapus
  2. ehh jepang ya.. bagaimana dengan konflik yang dialami tiap pulau dijepang?

    BalasHapus