Minggu, 03 April 2016

Diplomasi Budaya


            Di era globalisasi sekarang ini ada banyak sekali metode diplomasi, salah satunya yaitu Diplomasi Kebudayaan. Diplomasi Kebudayaan merupakan hal lain yang di gunakan oleh negara untuk berdiplomasi selain menggunakan kekuatan Militer dan Ekonomi.
            Diplomasi kebudayaan menunjuk pada kegiatan-kegiatan di bidang budaya yang di integrasikan ke dalam kebijakan politik luar negeri suatu negara dan pelaksanaannya di koordinasikan oleh Departemen Luar Negeri (Deplu). Diplomasi kebudayaan dilakukan sebagai upaya untuk mencapai pemahaman dengan bangsa lain agar lebih mudah, mendapat informasi dan dapat juga mendapat apresiasi dari bangsa tersebut.
            Nah langsung saja saya akan berikan yang bisa dijadikan satu contoh dari pertukaran budaya adalah dari Indonesia – Jepang. Bicara soal musik Jepang, biasanya yang orang pikirkan adalah j-pop dan sebagainya. Saat ini pun pngaruh dari musik jepang luar biasa di tanah air dan penjuru dunia. Namun taukah kalian bahwa sebelum di era sekarang ini dahulu kala di Jepang terkenal dengan jenis musik “enka” yang mirip dengan aliran keroncong?. Saya sendiri mengetahui “enka” bermula dari menonton Naruto (Japan Anime). Apa sih enka? Berupa balada bernada sentimental yang secara unik mengekspresikan luapan perasaan orang jepang.
            Believe it or Not Masyarakat Internasioanl (khusunya Jepang) ternyata lebih mengetahui tentang Gesang (Maestro Keroncong Indonesia) dibanding masyarakat Indonesia sendiri. Cobalah tanya teman-teman seangkatmu pasti ada yang tau dan pernah dengar tapi tidak mengetahui siapa itu. Walaupun kebanyakan hanya orang tua dan generasinya di tahun 80-an tapi masyarakat jepang lebih mengapresiasi karyanya di banding Indonesia. Setiap tahun bahkan ada rombongan Yayasan Peduli Gesang (YGP) dari negara sakura tersebut yang datang ke indonesia untuk belajar tentang musik keroncong, mendengarkan bahkan mengagumi, mereka memiliki penghormatan khusus bagi maestro keroncong tersebut. Itu merupakan salah satu contoh kecil tentang Diplomasi Budaya secara tidak langsung.
            Sedangkan dari Jepang sendiri kita juga bisa belajar banyak tentang budaya negeri sakura tersebut berkat soft diplomacy tersebut. Semakin luasya dan banyaknya kegiatan-kegiatan event yang menjadi pusat perhatian masyarakat dan kawula remaja saat ini. Berkat Diplomasi Kebudayaan dari Jepang pula lah kita sekarang mengetahui apa itu manga(komik), Anime dan musik-musik J-Pop.

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar